Feodalisme dalam pendidikan_Rahadyan Ahmad
Feodalisme dalam pendidikan
oleh: Rahadyan Ahmad / XI3
Pendidikan adalah proses pembelajaran untuk membantu mengembangkan pontensi manusia. Dalam pendidikan memiliki banyak metode dan banyak sekali poblematika di dalam nya. Salah satunya adalah bagaimana siswa bisa mengikuti alur suatu pendidikan atau rangkaian pembelajaran. Sehingga guru atau tenaga pengajar harus memiliki taktik dalam menghadapi berbagai karakter siswa. Salah satunya dengan cara membuat guru atau suatu tenaga pengajar sebagai strata atas yang tidak boleh dilawan sehingga siswa bisa mengikuti sistem pendidikan yang telah di sampaikan oleh guru atau tenaga pengajar. Dalam bahasa kerennya bisa di sebut dengan feodalisme. Namun apakah itu baik?
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), feodalisme adalah sistem sosial atau politik yang memberikan kekuasaan yang besar kepada golongan bangsawan. Dan dalam pendidikan bisa juga di artikan sistem pendidikan yang cenderung hierarkis dan otoriter, dimana guru memiliki otoritas penuh dan siswa dianggap sebagai objek yang harus patuh. Namun dampak buruk dari itu adalah kurang bebasnya pikiran siswa atau terhambanya inovasi dari siswa karena terkekang. Di kutip dari The Columumist Feodalisme dalam pendidikan dapat mengakibatkan stagnasi inovasi. Ketika semua keputusan terpusat pada segelintir orang (hierarki teratas) dan suara dari level bawah tidak didengar, kemungkinan untuk mengkritisi pembelajaran sampai mengkritik kebijakan menjadi sangat terbatas. Namun efek baik nya siswa akan lebih tidak agresif dan memiliki adap dengan guru. Karena semakin di bebaskan siswa akan semakin liar dengan kemauan nya sehingga bisa membuat ketimpangan pemikiran yang mengakibatkan perdebatan di antara murid dan guru. Sehingga karena sifat murid yang terlalu bebas akan terjadi pelanggaran norma terhadap guru dan murid.
Kesimpulanya feodalisme dalam pendidikan adalah sebuah unsur di dalamnya. Karena dengan adanya feodalisme akan ada sistem yang bisa mengatur kebebasan pendapat murid sehingga sistem pembelajaran bisa lebih mudah di laksanakan. Namun, dengan tetap menakar seberapa nilai itu bisa di terapkan sehingga murid bisa lebih inovatif dalam belajarnya. Dan lebih baik memerintah pasukan perang dengan beberapa pertimbangan daripada hanya melatih pasukan dan membiarkan mereka berfikir saat sedang berperang.
Daftar pusaka.
KBBI, Subagja, A. 2024.Feodalisme Dalam Dunia Pendidikan di Indonesia
Comments
Post a Comment